Senin, 23 September 2013

Asal Ada Perubahan

Selamat malam Pembaca,
Hari ini banyak hal yang saya kerjakan untuk mempersiapkan laporan tengah semester. Nilai Pengetahuan, ketrampilan dan sikap dalam laporan tidak lagi dalam bentuk angka, tetapi dalam bentuk Predikat A, B, C dan D. Menentukan predikat tersebut menggunakan skala interfval dengan bentangan yang cukup jauh. Sedangkan nilai sikap menggunakan skala juga lalu dituangkan dalam kata dan frase Amat baik, Baik, Cukup dan kurang.

Sistem penilaian ini memang sudah lama dipergunakan di perguruan tinggi. Tetapi untuk sekolah tingkat SMA ya baru digunakan pada kurikulum 2013 ini, yang saya katakan kurikulum tidak bermutu. Termasuk sistem penilaiannya yang seperti ini. karena menurut saya memberi nilai dengan standar predikat, sulit bagi siswa untuk mengukur kemampuan individu mereka karena tidak tampak perbedaan kemampuan antara siswa yang pandai dan yang biasa saja. Hal ini disebabkan nilai mereka berada dalam interval yang sama.

Sebenarnya perubahan-perubahan sistem ini hanya mengada-ada saja dan tidak begitu penting. Boleh jadi ini juga hanya asal ada perubahan kurikulum saja, makanya semuanya juga asal-asalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar