Kamis, 06 Juni 2013

Sebelum Aku Tertidur

                                                      Hutan nan indah, gelap dan dalam,
                                                      Tapi aku sudah berjanji untuk tetap melangkah
                                                      Bermil-mil jauhnya sebelum aku tertidur 
                                                      Bermil-mil jauhnya sebelum aku tertidur




Ini adalah sepotong sajak Robert Frost yang ditulis tangan Jawaharlal Nehru dan ditemukan di dekat tempat tidurnya saat dia meninggal.
Memang sajak itu indah dan berarti. Di dalamnya ada falsafah hidup yang menarik bahwa kewajiban kita adalah berjuang sebelum ajal tiba.

Selama ini saya sudah tertarik pada slogan  bombastis Chairil Anwar, 'Sekali berarti sesudah itu mati'. Tetapi setelah menemukan sajak di atas saya perlu mempertimbangkan lagi sebuah kemungkinan slogan baru 'Aku sudah berjanji tetap melangkah sebelum mati'.

Tetapi bagi saya tidak berlaku falsafah hidup  selebritis 'Biarkan hidup itu mengalir seperti air'.
Karena ini berarti hidup dibiarkan tanpa tanggung jawab.

Dan saya berjanji untuk tetap melangkah sejauh yang saya bisa sebelum saya tidak bisa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar