Minggu, 27 Mei 2012

Ciuman Tina

Rapat kelulusasan siswa belum berakhir. Beberapa menit lalu keputusan kelulusan ditandai dengan ketukan di mikrofon dan tepuk tangan semu semua guru. Tetapi di halaman sudah terdengar riuh anak-anak melihat pengumuman. Mereka tampak berebut mendekati papan pengumuman. Namanya anak muda tidak sabaran, ada yang iseng mengangkat papan pengumuman menjauh dari kerumunan, Tentu saja mendapat protes kawan-kawannya. Ada pula yang nakal melepas kertas dan membawanya menjauh yang diserbu juga oleh kawan-kawannya. Wah ramai, seru dan lucu.

Saya permisi keluar rapat dan mengambil beberapa gambar mereka. Wajah-wajah riang dalam busana adat itu menjadikan mereka tidak terlalu bebas mengekspresikan kegaduhan mereka oleh pengumuman itu.
Kesedihan saat acara perpisahan kemarin tak tampak lagi.

Kesedihan ketika acara berjabat tangan sudah berganti dengan kebahagiaan. Saya ingat beberapa siswa memberi ciuman, dan saya ingin menangis apabila mengingat ciuman Tina. Ciumannya sangat tulus di antara beberapa ciuman yang saya terima. Tanpa sepatah katapun Tina menjabat tangan saya dan mengecup kedua pipi saya dengan lembut dan dalam. Dan dia tidak melakukannya kepada yang lain.
Selama ini saya tahu Tina gadis pendiam tetapi wajahnya sangat tenang dengan senyum yang tersembunyi. Dan satu lagi Melyana, di foto ini dia paling kanan. Gadis periang yang suka memperhatikan apapun yang saya lakukan. Dia pernah membetulkan kesalahan saya meletakkan pulpen di kotak kacamata. Dia meminta kotak kacamata saya dan mengeluarkan pulpen saya lagi sambil berkata kalem ' Bu, jangan diletakkan di sini pulpennya nanti kacamatanya lecet."
Hmmm.


Di mana Desy Natalia Isabella? Gadis manis ini kemarin memeluk saya sambil mengguncang-guncang badan saya. Gayanya yang agak serampangan ini sering membuat teman laki-lakinya mengoloknya. Dan dia akan melawan dengan pisiknya lalu mereka berkejaran. Posturnya yang tinggi tegap membuat teman lakinya takut dipukulnya. Kini mereka akan pergi. Begitulah perpisahan yang terjadi setiap tahun di sekolah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar