Rabu, 22 Februari 2012

P I S A


Senin depan program PISA akan dimulai.Programme of International Student Assessment , sebuah program organisasi internasional yang berpusat di Perancis. Program ini berupa bimbingan belajar pada sekelompok siswa sejak tingkat dasar (kelas X/satu)SMA dengan memberi soal-soal standarInternasional. Selanjutnya akan dievalusi pada satu kwartal. Jika mereka bisa lulus uji PISA, artinya mereka sudah bisa memiliki kemampuan belajar standar international.Di Indonesia baru beberapa SMA yang dipilih untuk pengembangan program ini. SMAN Tabanan salah satunya untuk mewakili Bali.

Membaca segebok soal yang terdiri dari seratus tiga puluh tujuh halaman seperti mabok juga. Karena pemecahan soal lebih banyak dengan metode analisa-sintesa. Terlebih lagi evaluasi jawabannya, sangat-sangat objektif-subjektif.Kok bisa? ya begitulah. Ini mengingatkan metode belajar zaman saya sekolah dulu.

Pembahasan materi dengan media media elektronik. Jadi harus mempersiapakan materi tambahan dengan power point. Ini pekerjaan membosankan juga. Banyaknya pengulangan deskripsi tentang Kompetensi Dasar, Indikator, alokasi waktu dan materi itu dia. bosaaan banget.
Apa boleh buat, Mungkin nanti akan menyenangkan juga! Apalagi bila nanti hasil akhir bisa dicapai.

Hari ini saya harus mencapai target, akan saya mulai.
Semoga program ini bisa berjalan sesuai tujuan dengan tetap enjoy bersama kawan dan siswa.Amien!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar