Jumat, 01 Mei 2015

Catatan Ketiga


BIOGRAFI
Seperti 43 tahun yang lalu kita proklamirkan
Kita bercita-cita mengenangnya di masa datang
Walau kita tahu takkan mudah, dan tak semua akan terus bersemayam dalam ingatan
Sebagai kenangan apalagi sejarah
Seperti 43 tahun yang lalu pula
Kita kelak bisa jadi terlupakan
Karena tak ada sahabat yang bersedia mencatat
Atau kita sendiri yang tak mampu mencatatnya
Berapa lama, kita berada dalam ingatan kawan
Sebagai kenangan, atau justru lebih mudah
Bertahan dalam memori hitam
Sebagai catatan dendam

Dari mana tahu namaku ? interogasimu
Kita bertemu lagi di usia senja, candamu
aku sudah punya cucu empat lo, sikap manjamu
Hmm...indahnya kenangan 1972, gumammu
aroma magis mbah Citro di kaki gunung Lamongan
Hey...bintang remang-remang era 70-an, celotehmu
Ah, kita terlalu ingin tak lekas dilupakan
dan tak perlu menginventarisir
Kekhawatiran-kekhawatiran yang terlalu asing
Dan terlalu dini untuk dipikirkan


Membaca puisi ini saya tersenyum, bahkan tertawa walau rasanya sumbang.  Rasanya pahit menyekat di tenggorokan. Sebegitu indahnyakah perasaannya kala itu.
Saya menjadi yakin bahwa ada sesuatu yang tak bisa berubah dalam perasaan manusia sekalipun sejarah terus berubah. Seperti juga yang ada dalam perasaan saya, yang sering saya lawan namun  tidak berhasil memenangkan kehendak saya. Saya tidak bisa merubah.

Saya juga menjadi yakin bahwa segalanya yang sebanding tidak selalu berpasangan. Ada saatnya kita menerima ada saatnya kita memberi namun menerima dan memberi bisa terjadi pada dua tangan yang berbeda.

Sejarah ini mengajarkan kepada saya bahwa sesungguhnya menyintai itu adalah perhatian yang besar sekalipun untuk hal yang kecil. Jika saya benar, maka saya pernah begitu berarti.
Tidak pantas lagi saya menjadi begitu sedih karena merasa tak sebanding. Saya harus berbangga telah memberi dan tidak harus menerima. Kisah ini sama kisah saya . Kini dan nanti ada rasa yang tak berubah walau berbanding tak sepadan.
Terima kasih kawan puisinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar