Kamis, 03 Oktober 2013

Pertemuan dengan Pengawas

Hari ini banyak hal yang bisa saya pelajari. Pertemuan dengan pengawas kurikulum di ruang PSB (Pusat Sumber Belajar) memuaskan kami semua dan menghasilkan keputusan untuk mengkaji ulang silabus dan perangkat lain secara  bersama-sama. Laporan saya mengenai beberapa masalah yang muncul di kelas ketika menerapkan kurikulum 2013 selama triwulan pertama menjadi pembahasan panjang lebar. Mulai dari materi dalam buku paket, administrasi guru yang sesuai dengan kurikulum 2013, standar Rancangan Program Pembelajaran, menentukan indikator dalam kaitan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dsb.
Semuanya serba tidak saya pahami karena kurikulumnya saja kami belum mengetahui. Instruksi tentang pokok-pokok kurikulum hanya disampaikan melalui Permen saja, yang disampaikan secara lisan dalam satu kali pertemuan sosialisasi.

Saya perlihatkan pekerjaan saya kepada pengawas. Saya membuat dua perangkat dengan versi berbeda dan ternyata keduanya masih banyak kesalahan. Bermula dari kesalahan inilah  pada akhirnya  saya mendapat penjelasan dan saya bisa memahami karakteristik kurikulum 2013.

Saya pulang dari sekolah membawa segebok pekerjaan yang ingin segera saya selesaikan. Lalu bagaimana kawan yang lain. Saya sampaikan berita kesalahan itu dan ternyata sama, semua tidak mengerti dan salah juga, kecuali mungkin bagi guru kordinator yang sudah mengikuti sosialisasi di provinsi. Cuma kesibukan masing-masing barangkali yang menghambat informasi tidak berlanjut ke guru-guru lainnya.

Syukurlah, saya berharap masih ingat penjelasan tadi dan segera bisa memproyeksikannya ke dalam portofolio. Termasuk instrumen penilaian yang sama sekali berbeda dengan kurikulum sebelumnya. hal ini karena adanya tambahan instrumen untuk mengevaluasi ketrampilan dan sikap siswa dalam nilai dan predikat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar