Selasa, 26 Juni 2012

Di Kaki Gunung Merapi 24 Juni 2012





Pemandangan di kaki gunung Merapi pagi itu sungguh cantik. Sisa-sisa keganasannya sudah berubah menjadi keindahan yang berbeda. Gunung yang menjulang tampak jelas dengan asap putih kapas menghiasi mahkotanya.
Lerengnya yang hijau lembut bervariasi abu-abu pada dinding-dinding bekas aliran lava di sebelah kanan. Jurang di Kali Kuning sudah subur kembali walau tanpa pinus. Hanya pokok-pokok kering di sela-sela tumbuhan rendah, tetapi ini indah. Susah untuk menggambarkannya. Jauh di dasar Jurang tampak eskavator sedang bekerja, alat berat itu tampak kuning kecil mengayun-ayunkan belalainya. Sepertinya ada proyek pembangunan bendungan.





Merapi tampak tersenyum melatarbelakangi semua kesibukan di kakinya. Pencari nafkah yang pandai mengekploitasi panorama menggeliat penuh semangat. Penjual makanan, pedagang suvenir, tukang parkir serta penjual jasa pemandu semuanya berlomba mengumpulkan rejeki.




Berjajar motor Trail ditawarkan untuk transportasi melihat-lihat desa Kaliadem, Situs Mbah Marijan. Dengan ongkos sewa motor dan pemandu Rp 20.000 pulang pergi atau Rp 50000 sewa motor saja selama satu jam. Ini lebih hemat. Ada penyewa keluarga yang menyewa satu motor dan menggunakannya bergantian. Kreatif !!!



Namun saya tidak tertarik karena tahun lalu saya sudah mengelilingi desa itu sesudah erupsi pertama dan melihatnya dari kejauhan setelah erupsi kedua.

Saya hanya membeli tempe bacem dan jadah. Hmmm nikmatnya dimakan hangat-hangat dalam udara yang sejuk pada pagi hari sambil menunggu adik dan keponakan berkeliling. Saya kabarkan kepada teman di Bali suasana pagi indah ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar