Senin, 20 Juni 2011

Menuju Samosir


Tanggal tujuh belas juni jam dua belas siang kami meninggalkan Medan menuju Samosir melewati Pangururan. Rute ini lebih jauh dibandingkan lewat prapat tetapi pemandangannya terkenal cantik. Sopir Batak sedikit kasar mengemudi. Ditambah dengan jalan yang tidak baik membuat badan cepat merasa capek.
Perjalanan ke Danao Toba memerlukan waktu enam jam dengan sekali istirahat.Dengan kendaraan kecil.Mitsubishi L 300.Jalan terus mendaki dan menikung sejak meninggalkan Sibolangit. Mendekati Kabupaten Samosir jalan sudah berada di tiga perempat puncak perbukitan yang sangat tinggi. kira-kira ada 2000 meter dari permukaan laut. Pemandangan ke bawah luar biasa indahnya.Jalan berliku menyisiri irisan bukit yang tadi kami lewati sudah berada di seberang lembah yang dalam. Danau Toba tampak sangatjauh di bawah sehingga danau yang panjang tepiannya mencapai lebih seratus Km itu kelihatan tidak terlalu luas dan Pulau Samosirnya juga terlihat kecil.
Danau Toba dikelilingi oleh Bukit yang tinggi dan rapat. Berlereng-lereng lembut menghijau sehingga sangat menawan. Tidak semua bukit tertutup hutan. Ada juga hutan pinus di beberapa bukit.
Banyak kami jumpai makam yang berbentuk tugu dan gereja menambah keindahan pemandangan dari atas lingkaran bukit yang mengelilingi danau.

Jam setengah enam sore kami tiba di Pangururan. Setelah istirahat sebentar perjalanan dilanjutkan di pusat kota Samosir yaitu kota kecamatan Tomok, kota ini sangat kecil. Kesibukan terkonsentrasi pada pelabuhan penyeberangan ke Parapat, dan Tiga Kota serta pasar.

Selanjutnya kami menuju desa Tuk Tuk, yaitu desa tepian terindah di Pulau Samosir.
Diantar dua anak perempuan sebagai ojek.
Wah senang sekali hati saya bahwa Tuhan berpihak kepada saya.Penginapan kami adalah bungalow cantik dengan View cantik pula. Danau Toba dengan latar belakang bukit yang menjulang dan tampak bangunan gereja di kejauhan. Ini malam Minggu, terdengar suara nyanyian pujian dari sana.

Seorang perempuan tua turun dari rumahnya dan "Horas!" Katanya sambil tertawa menyambut kami. Saya menjawab horas juga sambil menjabatnya dan saya bertanya apakah jawaban saya benar.Benar,Ternyata kata horas selain ucapan selamat datang juga bisa digunakan sebagai sapaan.

1 komentar: