Rabu, 25 November 2015

Selamat Hari guru

Sesampai di ujung tangga jalan saya dihadang oleh anak kelas XII, mereka merangsek terlalu dekat dan seorang murid memberi saya bunga sambil mengucapkan selamat hari guru diikuti teman-temannya. Oh baru saya menyadari saat ini adalah hari guru. Ternyata mereka mengingatnya. Saya senang dengan perhatian anak-anak. rupanya mereka melihat saya dari lantai dua ketika saya datang.

Seterusnya kami bergegas masuk kelas karena ulangan jam kedua sudah hampir dimulai.
Saya mengawas di kelas yang sama dengan kemarin. Ada kejadian lucu kemarin, saat saya sedang membagikan soal, seorang murid perempuan menerima sesuatu dari teman laki-laki yang duduk diseberangnya. Mereka mengira saya tidak melihatnya tetapi ketika giliran saya membagi soal kepada anak perempuan itu saya tanya apa yang ia terima. Mula-mula ia menggeleng, tetapi saya memaksanya memberikan apa yang digenggamnya. Saya tahu ada lipatan kertas kecil di dalam tangannya. Akhirnya ia memberikan kertas itu.
Sehabis membereskan semuanya, absensi, mengisi berita acara barulah saya buka kertas itu untuk melihat apa yang saya pikir adalah contekan. Wajah kesal saya serentak hilang dan saya tersenyum .sendiri. Tulisan di kertas itu berbunyi " Rupanya kamu sudah punya yang baru.'

Ada saja anak-anak itu. Yah biar begitu kejadian kecil ini mengawali kegembiraan pagi itu.
Selanjutnya kertas itu saya kembalikan dan saya katakan " Ini untuk kamu, simpanlah tetapi ingat kamu harus belajar yang baik."
Teman-temanya bertanya-tanya mungkin lalu saya jelaskan kertas itu adalah kertas ucapan selamat pagi untuknya. Semua tertawa. Ini cerita hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar