Minggu, 16 Maret 2014

Selamat Jalan, Kembalilah ke Rumah jika Letih sudah Mengganggu.


Petang menjelang dan angin berhembus sejuk. Sangat segar badan setelah tidur panjang di hari Minggu. Hari ini saya kesunyian kawan. Si bungsu saya sudah kembali ke Surabaya. Seperti dalam angan-angan saja dia hanya satu malam di rumah. Saya senang raut wajahnya segar dan sehat walaupun dia pulang dengan motor. Saya menyiapkan bekal yang dimintanya, dua kotak nasi untuk makan di jalan.

Saya tanyakan kepadanya apakah dia senang menjadi pegawai negeri dengan gaji yang hanya cukup untuk hidup sendiri saja. Dia katakan senang dan betah. Saya selalu memikirkan kemungkinan kekecewaannya karena sebelumnya dia bisa mendapatkan lebih dari lima kali gajinya sekarang setiap bulannya sehingga bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di beberapa pulau. Kini ia hidup sederhana di rantau. Saya bersyukur, ternyata dia bisa menikmati segala keadaan ini dengan senang hati. Dan kini dia sedang merintis cita-cita untuk mendapatkan bea siswa untuk pendidikan ke luar negeri. Saya berdoa Tuhan meluluskan cita-citanya. PNS di LAPAN tidak sebanyak PNS di Kementerian lain. Kesempatan untuk maju masih ada. Perekrutan pegawai dilakukan oleh pusat. Hanya ada beberapa kantor saja di seluruh Indonesia. Jam kerja sama dengan PNS tetapi tidak menggunakan seragam dinas. Dia sangat senang bekerja di bagian yang sesuai dengan pendidikannya.

Sementara ini ITS menjadi harapan dalam waktu dekat untuk pendidikan S2-nya.
Selamat jalan, selamat kembali mengais rejeki, selamat kembali ke rantau.
Pulanglah ke rumah jika sudah terlalu letih. Mari kita berkumpul sejenak menghabiskan sedikit malam bersama-sama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar