Senin, 03 Desember 2012

Menyelesaikan Tugas Hari Ini

Pagi-pagi saya berangkat kerja walaupun kegiatan belajar mengajar sudah tidak ada lagi. Hari ini saya akan memberi remedial beberapa anak yang nilainya tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Saya langsung ke kelas membagikan semua hasil pekerjaan siswa. Di bawah lembar pekerjaan mereka yang belum tuntas saya isi catatan tentang kekurangan mereka pada nilai apa dan perintah untuk melakukan remidial saat itu juga.

Beberapa menit kemudian mereka menemui saya dan selanjutnya saya memberi soal beserta kertas kerjanya agar tidak ada alasan bagi mereka untuk menunda. Ketika saya asyik mengolah nilai datang seorang kawan guru yang melaporkan bahwa putranya termasuk dari mereka yang bermasalah. Saya katakan biar saja anaknya ikur remidial,tetapi kawan itu meminta tolong untuk dibantu. Oke, saya akan membantunya hanya dengan meniadakan keterangan remidial di rapornya, tidak dengan mengubah nilainya karena ini baru semester awal.Kata saya.
Kawan itu menerima. Trus datang lagi seorang ibu pegawai tata usaha juga dengan masalah yang sama.
Wah, sulitnya menjadi guru untuk berbuat adil kepada setiap muridnya.

Mestinya orang tua yang menjadi guru tidak perlu mengurusi nilai anaknya. Apalagi meminta, itu sama halnya mengelabuhi perasaannya sendiri dari tidak puas menjadi puas yang sifatnya semu saja.

Karena itulah dulu anak-anak saya tidak saya sekolahkan di tempat saya mengajar. Bukan tidak mungkin jika anak saya nilainya tinggi akan dicurigai karena sebagai anak guru.


Anak Bermasalah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar