Sabtu, 12 Maret 2011

Fukushima




Apa yang terjadi dengan keluarga Ohashi Miki di Fukushima saat ini setelah terjadi gempa dan tsunami kemarin. Saya sudah berusaha mengirim email kepada Miki namun sulitnya, dan baru malam ini berhasil.
Melihat gambar yang ditayangkan Televisi Aljazera sesaat setelah gempa dan televisi NHK Jepang pada saat gempa terjadi, disusul dahsyatnya tsunami dan bagaimana kota Fukushima yang tampak berada di sepanjang pantai itu digulung ombak, saya bertanya-tanya kemana dan bagaimana Miki dan Takashi sekarang.
Hampir delapan belas bulan kami tinggal bersama, menjadi bagian pengalaman yang kami lalui bersama. Dan Miki adalah saksi bagaimana kehidupan saya pada 2005-2006.
Selama itu kami makan malam bersama, bercerita berjam-jam sambil saling belajar satu dengan yang lain.
Setiap hari ketika akan berangkat dan pulang kerja ia selalu mengucap salam dengan bahasa jepang 'Itekimatsu!'dan 'Okainasa' kemudian saya menjawabnya dengan 'Iterasai' dan 'Okairi',Lalu dengan sepeda JICA-nya dia berangkat sambil melambaikan tangan.Mengesankan, sungguh pribadi Japanish yang mengesankan.

Dimanakah dia sekarang, email saya belum terbalas. Juga Masao, Maya dan yoko serta Keiko dan yang lain-lain apakah mereka baik-baik saja?
Ya semoga mereka baik-baik saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar