Senin, 26 Mei 2014

Mengunjungi Kepulauan Karimunjawa

Hari Pertama di Pulau Karimunjawa

Mengisi libur Hari Raya Galungan dan Kuningan saya putuskan untuk melancong di Kepulauan Karimunjawa. Rencana ini sangat mendadak sebagai kompensasi penundaan wisata gunung yang sedianya kami lakukan bulan ini. Hal ini disebabkan keadaan Gunung Ijen yang masih belum begitu aman untuk dikunjungi.

Kami berangkat dari Bali jam tiga sore dengan Bus langsung Denpasar - Jepara, Muji Jaya. Jam lima pagi bus sudah masuk Kota Jepara. Kami turun di alun-alun lalu dengan ojek langsung ke pelabuhan Jepara. Hari ini semula kami akan menggunakan kapal ekspres. Tetapi berhubung kedatangan kami yang terlalu pagi kami berubah pikiran untuk menyeberang dengan kapal Ferry Siginjai dengan pertimbangan tidak membuang waktu dan tenaga percuma di pelabuhan untuk menunggu jam sebelas siang untuk menumpang kapal cepat. Jam 09.00 Kapal Ferry berangkat sesuai jadwal dan tiba di Pelabuhan Karimunjawa jam 14.00 WIB bertepatan dengan kedatangan kapal Ekspres Bahari.
Bedanya ongkos Kapal Ferry jauh lebih murah yaitu Rp 44.000 untuk kelas ekonomi dengan waktu sekitar lima jam. Sedangkan tiket kapal ekspres Rp 110.000 dengan waktu sekitar dua setengah jam.
Tanpa membuang waktu kami langsung menerima tawaran Abang Becak untuk mengantarkan kami ke homestay murah. Saya langsung setuju ketika dibawa ke sebuah homestay mungil yang bersih dan di pinggir jalan utama.

Setelah istirahat dan mandi kami langsung tracking ke bukit untuk menikmati pemandangan dari atas bukit sambil menunggu sunset. Bukit masih sepi dan panas. Tidak lama kemudian beberapa pengunjung berdatangan dan menjelang sunset, suasana semakin ramai. Mereka umumnya adalah anak-anak muda. Ada juga beberapa pasangan wisatawan asing. Bukit itu namanya Bukit Jokotuo. Dinamakan demikian karena di bukit itu ada kerangka ikan paus yang dipajang di sebuah gubuk sederhana yang disebut Ikan Jokotuo

Sunset dari Atas Bukit

Desa Karimun Jawa dari atas bukit

Hari Kedua

Pak Abas si tukang becak sekaligus sebagai informan kami. Melalui dia kami mendapatkan kelompok untuk trip ke kepulauan. Kami masuk dalam paket wisata yang bernama Kompaktour.
Rombongan ini  berjumlah empat belas orang.

Kami berangkat dengan kapal nelayan yang tidak begitu besar. Perjalanan hari ini mengarah ke sebelah timur Pulau Karimunjawa dengan waktu tempuh satu jam untuk sampai di Spot pertama di dekat Pulau Tengah. Jam sebelas kami sampai ke lokasi snorkeling dan foto-foto bawah air. Ada tiga orang pemandu air yang membantu kami berpose di bawah air. Acara berikutnya adalah menuju Pulau Kecil tidak jauh dari Pulau Tengah untuk makan siang dan bakar ikan.

Pulau ini terawat dan ada yang menunggu karena ada pemiliknya. Pohon kelapa tumbuh menyebar Sehingga menyerupai kebun sekaligus taman yang nyaman untuk beristirahat. Pasirnya putih.     Ada beberapa bangunan menyerupai penginapan di atas air. Juga rumah panggung yang ada di pulau. Kami bersantai cukup lama sambil menunggu ikan dibakar oleh pemandu dan awak kapal.

Menyelam di Spot Satu dekat Pulau Tengah

Terumbu Karang ini Sakit

Spot Satu

He He

Harus Jadi Pemenang

Makan siang di Pulau Cilik

Jam dua belas kami istirahat makan siang di Pulau Cilik. hanya beberapa menit dari pulau Tengah. Pemandu dan awak kapal segera bersiap membuat perapian untuk acara bakar ikan. Sementara peserta trip bersantai dan foto-foto.