Rabu, 07 Mei 2014

Hari Terakhir yang Melegakan

Suhu udara sudah terasa panas sejak pagi sampai jam pelajaran terakhir. Namun kali ini suasana berisik seperti hari sebelumnya tidak ada lagi. Saya lega, kekecewaan hari kemarin sudah tertebus. Kami mengakhiri pertemuan dalam satu tahun dengan bercakap-cakap sambil mereka meneruskan pekerjaan mereka membuat prakarya sebagai tugas mata pelajaran sebelumnya dan saya menyelesaikan penilaian. Kami sepakat untuk ini sebagai perpisahan. Dengan ini kami saling bertatap muka tanpa beban dan penuh keramahan. Sampai akhirnya bel berbunyi dan kami mengucapkan salam perpisahan. Saya meminta maaf atas segala yang tidak menyenangkan mereka, dan kepada dua orang murid yang baru saya marahi karena sikapnya yang tidak sopan dan membuka handphone pada saat saya mengajar, saya katakan juga bahwa saya memarahinya karena saya ingin mereka baik.
Begitulah, tiga kelas hari ini sudah mengakhiri tahun pelajaran 2013-2014.
Saya masih merasa wajah-wajah mereka terpateri dalam benak saya. Mereka yang pandai, mereka yang sopan, mereka yang rajin, mereka yang malas dan mereka yang bandel adalah hiburan dan variasi pengalaman mengajar saya. Sungguh saya mengalami rasa berat pada setiap tahunnya melepas mereka ke jenjang berikutnya.
Saya rasa begitu juga sebagian dari mereka.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar