Rabu, 27 Februari 2013

Jalan-Jalan Hari Ini

Hari ini kegiatan murid di sekolah hanya bersih-bersih untuk mempersiapkan Ujian Akhir Sekolah besok. Sehabis mengawasi murid bekerja kami sepakat untuk menengok seorang kawan yang sedang sakit di rumahnya, Kerambitan. Kami konvoi dengan motor. Saat keluar dari By Pass ada razia surat kendaraan bermotor, kami berhenti, tetapi kami cuma ditanya mau kemana dan selanjutnya dipersilakan meneruskan perjalanan.
Hmmmmm nyaman juga jalan di pedesaan.
Sehabis menengok kawan kami melanjutkan perjalanan ke Kelating,desa pantai di selatan kota Tabanan. Ke kediaman salah seorang kawan. Hari panasnya bukan main namun kami senang saja menikmati pemandangan indah sepanjang perjalanan. Tidak habis-habisnya saya terpesona dengan keindahan alam ini sekalipun sudah sering melewatinya.

Rumah kawan kami adalah rumah keluarga besar yang dibangun dalam satu pekarangan yang sangat luas. Penataan bangunan sesuai dengan tradisi rumah Bali yang terdiri dari beberapa bangunan yaitu rumah-rumah tempat tinggal untuk masing-masing kekuarga, Bale Bengong. Yaitu sejenis pendopo yang biasa digunakan untuk tempat berkumpul dan tempat menerima tamu. Dapur, tempat menyimpan peralatan upacara dan Sanggah besar (tempat sembahyang keluarga Hindu)


Bale Bengong


Bale Daja


Tempat ini masih memiliki banyak ruang terbuka sehingga sangat nyaman untuk melakukan kegiatan apa saja. Beberapa pohon buah-buahan ada di sana. Kami juga diajak keluar pekarangan di belakang pagar. wow.. hamparan sawah yang sangat luas. Kami memetik terong, ketimun dan daun kemangi. Dan mengambil jeruk limau di pekarangan. Menyenangkan.


Jam dua belas kami pulang. Sesampai di rumah salah seorang kawan sudah memasang gambar oleh-oleh itu di Grup Teacher of Bisma. Cepat-cepat saya bakar terongnya lengkap dengan sambal langsung saya hidang di meja makan, saya jepret dan saya balas komentarnya. Hah hah hah...mereka heran kenapa sudah matang. begitulah cerita saya hari ini...


Siap Dimakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar