Selasa, 03 Februari 2015

Cerita tentang Burung

Ada yang memanggilku untuk duduk di sini, di teras rumah, yaitu waktu ngopi. Mengopi bahi saya bukan sekedar minum kopi, melainkan menikmati hidup hari ini. Karena itu saya tak pernah terburu-buruu mengosongkan cangkir sebagaimana saya tak ingin kenikmatan hidup segera berlalu.

Pembaca di ini senja hampir hilang. Ada suara burung tekukur memelas di puncak pohon perindang tepi jalan. Ia tak bosan-bosan berseru, ternyata ada suara yang sama di kejauhan. Mereka saling menyahut tetapi tak saling mendekat.

Saya teringat cerita tentang burung merpati, cerita anak-anak tentang anak merpati yang nakal. Pada suatu hari ia memaksa ayahnya mengajarinya terbang karena kakaknya sering mengoloknya tak bisa terbang.Satu hari penuh ia belajar tetapi selalu gagal. Pada malamnya ia tidak bisa tidur memikirkannya. Akhirnya diam-diam ia belajar terbang dari satu ranting ke ranting lainnya. Tak disangkanya ia berhasil lalu terbanglah ia sampai jauh ke dalam hutan hingga ia sangat kecapaian. Ia tak tahu jalan pulang karena gelap, ia bingung dan teringat kata ayahnya. Jangan pergi jauh, di hutan itu banyak bahaya mengancam. Tiba-tiba ia mendengar suara mendesis. Seekor ular melilit didahan menjulur padanya, Ayah! Ia memanggil Digerakkan sayapnya hendak terbang tetapi ia tak kuat lagi mengangkat badannya. Ia akan melompat ke bawah tetapi di bawah seekor serigala menunggu. Ia sangat ketakutan dan putus asa. Tiba-tiba seekor burung hantu menyambarnya lalu membawanya pergi
Ia dimasukkan kerangkeng berkumpul dengan burung-burung lainnya.
Bersama mereka ia bekerja mencari makan untuk keluarga besar burung hantu.

Merpati kecil mengajak mereka terbang, tetapi burung-burung itu tak bisa terbang karena sejak kecil mereka hidup dalam kerangkeng. Hingga pada suatu hari anak merpati mengajak mereka ke goa saat mereka bekerja. Burung-burung itu diajarnya terbang sampai pada akhirnya mereka semua bisa terbang.
Selanjutnya mereka mencari akal, mereka menyampur makanan untuk burung-burung hantu dengan ramuan daun beracun yang bisa membuat burung-burung hantu itu pingsan.

Akhirnya mereka berhasil dan pulang mencari tempat tinggal dan keluarga mereka.

Itulah cerita hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar